Apa itu Kamera Lubang Jarum…

Oke, kali ini saya akan sedikit membahas tentang “Apa itu Kamera Lubang Jarum” karena di 2 postingan sebelumnya, saya tidak membahas langsung KLJ itu apa (tadinya mau bikin penasaran . nyehehe). Langsung aja, Kamera Lubang Jarum adalah sebuah kamera yang bisa dibuat dari barang apapun dengan syarat memiliki ruang dan kedap cahaya (Kaleng, Kardus, Paralon), yang kita tempel sebuah alumunium foil yang sebelumnya telah kita lubangi dengan sebuah jarum. Simple kan ? dengan syarat tersebut, benda apapun itu bisa disebut dengan kamera 😀

Pertanyaan yang sering di ajukan kepada saya “kenapa ? kok bisa ? di dalemnya di taro kamera kecil gitu yaa ? dll”. Jadi begini, Kamera Lubang Jarum itu menggunakan prinsip dasar kamera zaman dulu atau prinsip sewaktu photography mulai di temukan yaitu menggunakan hukum cahaya, dengan mengandalkan pantulan objek yang terkena sinar matahari lalu masuk kedalam lubang kecil dan terproyeksi ke ruang gelap.

Nahh.. dengan mengandalkan hukum cahaya diatas, kita bisa mengabadikan sebuah gambar yang kita tangkap itu menjadi sebuah data/gambar yang permanen dengan menggunakan media rekam (Kertas Foto Emulsi ataupun Roll Film) dan tentunya butuh proses selanjutnya, yaitu Pencucian media rekam di kamar gelap 😀

Hello there, Nama saya Arie Haryana, 04 November 1994 saya telah dilahirkan di Kota Purwakarta, Jawa Barat. Saat ini saya tinggal dan kerja sebagai Programmer salah satu perusahaan swasta di Kota Bandung. Selain keseharian saya mencari uang, saya pun aktif sebagai anggota Komunitas Lubang Jarum Indonesia. Saya telah jatuh cinta sama yang namanya Fotografi sejak tahun 2011 lalu dan sampai sekarang cinta itu masih bertepuk sebelah tangan, karena faktanya saya masih belum terlalu pandai dalam memotret sesuatu.

6 comments On Apa itu Kamera Lubang Jarum…

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer

Sliding Sidebar

About Me

I work as a web developer and currently live in Bandung, Indonesia. My interests range from web development to programming. I am also interested in writing, photography and DIY stuffs.

If you’d like to get in touch, feel free to say hello through any of the social links below.