Save Hutan Kota Babakan Siliwangi

Hutan Kota Babakan Siliwangi adalah sebuah Ruang Terbuka Hijau satu-satu nya yang ada di tengah kota Bandung. Kota Bandung saat ini hanya memiliki Ruang Terbuka Hijau (RTH) tidak lebih dari 8,76% padahal seharusnya, setiap kota itu memiliki minimalnya 30% RTH.
Babakan Siliwangi di resmikan sebagai Hutan Kota Dunia oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 2011 silam. Di Hutan Kota ini kita dapat merasakan berbagai macam wahana wisata alam, kesenian dan kekentalan nilai tradisi & budaya yang masih di lestarikan dengan tidak merusak/mengubah ke-alamian hutan kota tersebut.
Setelah memasuki Hutan Kota ini kita akan disambut oleh akar gantung yang menambah kecantikan hutan kota ini. Tidak hanya itu berbagai macam tumbuhan dan buah pun dapat kita temukan disini. Tepat di tepi hutan kota ini, ada sebuah arena seni adu domba yang tidak lain adalah salah satu bentuk tradisi khas Jawa Barat yang masih di lestarikan. Disana pun ada sebuah Sanggat seni babakan siliwangi yang semakin membuat hutan kota ini kental sekali dengan nilai tradisi, seni dan budaya.
pict source : merdeka.com
Tidak lama ini, beredar issue, Hutan kota satu-satunya yang luasnya hanya 3.8 hektar ini akan beralih fungsi menjadi lahan bisnis dengan dibangunnya Restaurant, Mall dan atau Hotel. Jelas kabar ini menjadi buah bibir dan ancaman bagi seluruh aktifis lingkungan Kota Bandung, begitu pula saya yang dari kecil dan tumbuh di kota itu.

So, apakah kalian rela hutan kota yang satu-satunya ini di alih fungsikan? kalo saya sih “TIDAK!”.

#SaveBabakanSiliwangi #Fight

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.