DIY Scanner Smartphone

Berawal dari kegelisahan dan kekesalan karena jasa PO / Develop roll film langganan saya di daerah kebayoran lama kembali naik harga dalam waktu yang relatif singkat. Satu bulan yang lalu saya mencuci film disana, harganya masih Rp 10.000 dan untuk Scan ke digital Rp 10.000, Tapi sewaktu hari minggu kemarin harganya naik hampir 100%. Terhitung untuk cuci+scan total nya jadi Rp 35.000 per roll film. Wow! Harga yang sangat fantastis mengingat kamera yang saya gunakan tidak semahal itu.

Berhubung saya adalah penggiat lubang jarum, sudah jelas kalau saya harus berkorban banyak uang untuk membeli amunisi, katakanlah Kertas emulsi dan chemical atau roll film dan uang untuk Jasa PO. Dan seiring perkembangan zaman, peralatan itu sudah mulai di tinggalkan dan walaupun ada, akan sangat mahal untuk dapat membelinya.

Dengan kegelisahan tersebut, sebagai langkah awal saya ingin membuat sesuatu yang walaupun sedikit, mengurangi pengeluaran untuk kebutuhan hobi saya.

Entah kebetulan atau sebuah takdir tuhan yang nggk bisa di tebak. Di rumah, saya mempunyai sebuah game watch rusak yang di temukan adik saya dan meminta saya untuk membetulkan. Nahh.. setelah di bongkar pasang, bukannya berfungsi kembali, si LCD nya malah menampilkan layar putih. Blank. Dari situlah ide ini muncul, mengingat prinsip scanner roll film yang membutuhkan cahaya merata dari bawah dan di repro oleh sebuah sensor. Maka terpikir lah membuat DIY Scanner smartphone ini.

Untuk tutorial nya menyusul yaa ^^

Salam Pendidikan – Salam 5 Jari

Hello there, Nama saya Arie Haryana, 04 November 1994 saya telah dilahirkan di Kota Purwakarta, Jawa Barat. Saat ini saya tinggal dan kerja sebagai Programmer salah satu perusahaan swasta di Kota Bandung. Selain keseharian saya mencari uang, saya pun aktif sebagai anggota Komunitas Lubang Jarum Indonesia. Saya telah jatuh cinta sama yang namanya Fotografi sejak tahun 2011 lalu dan sampai sekarang cinta itu masih bertepuk sebelah tangan, karena faktanya saya masih belum terlalu pandai dalam memotret sesuatu.

4 comments On DIY Scanner Smartphone

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer

Sliding Sidebar

About Me

I work as a web developer and currently live in Bandung, Indonesia. My interests range from web development to programming. I am also interested in writing, photography and DIY stuffs.

If you’d like to get in touch, feel free to say hello through any of the social links below.