Solargraphy Project

Semua ini berawal dari postingan facebook teman KLJI yang melampirkan sebuah foto dengan garis-garis dilangit seperti lintasan matahari, berwarna hijau tua dan vintage abis. Tanpa mikir 2x saya tau kalo itu adalah karya foto solargraphy.

Lalu apa itu solargraphy?
Menurut Wikipedia solargraphy adalah Tekhnik perekaman dengan Kamera Lubang Jarum yang dimana kertas foto (emulsi) yang digunakan di expose dengan waktu yang lama, satu bulan bahkan satu tahun.

Nah, pasti kalian berpikir, Satu Tahun? Lah kok bisa? Bukannya kalo motret siang hari pake 20 detik aja udah sering over expose? Jadi begini, Dalam Tekhnik Solargraphy ini, kertas foto yang digunakan tidak melewati proses Develop, artinya gambar yang terekam akan muncul dengan sendirinya. Saya kurang tau untuk penjelasan ilmiah nya, tapi yang pasti setelah kita tarik dari kamera, kertas foto kita sudah berubah warna.

Bagaimana caranya?
Yang pasti kalian harus udah punya kamera lubang jarum. Karena sebenarnya tekhnik ini 99% sama aja dengan memotret dengan Kamera Lubang Jarum pada umumnya, yang membedakan hanya masa expose yang jauh lebih lama dari biasanya. Artinya, kalian harus menyiapkan kamera lubang jarum dengan peralatan yang lebih. Yaitu pengikat atau lem untuk menempelkan kamera supaya tidak goyang sedikit pun dari tempat nya.

Pict by Budi Purwanto
Pict by Budi Purwanto

Sudah mengerti? Oke lanjut..

Setelah terbangunkan oleh Solargraphy ini, saya berpikir untuk menjadikan solargraphy ini menjadi project KLJI, tema nya adalah perjalanan 12 Tahun KLJI menuju 13 Tahun, yang artinya pemotretan ini dilakukan 1 tahun penuh dan berakhir dengan pameran foto solargrapy. Saya pikir itu ide keren. karena yang saya tahu di Indonesia belum ada pameran dengan teman solargraphy. Brilliant!

Setelah itu saya coba sampaikan ide ini ke temen-temen KLJI dan ke Kang Ray Bachtiar. Mereka pun mendukung dan akan ikut berpartisipasi karena selain ide dan konsep ini cukup menarik, solargraphy ini semacam mainan baru anak KLJ, Karena masih jarang yang memanfaatkan tekhnik ini.

Nahh.. Untuk kalian yang mau ikut berpartisipasi boleh banget kok. Malah semakin banyak yang ikutan semakin seru dan ceritanya lebih berwarna. Kalau masih bingung atau ada yang mau ditanyakan bisa langsung kontak saya melalui email, twitter, wasap ataupun kolom komentar di artikel ini.

SemangArtt! Salam 5 Jari.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.