DIY 6×4 pinhole camera

Hello! Kali ini saya mau berbagi bagaimana cara membuat kamera lubang jarum atau pinhole camera dengan menggunakan kotak permen bekas yang saya dapatkan dari blog nya Pinhole Bandung. Penasaran? Yuk kita lihat step by step cara membuatnya:

STEP 1 – SIAPKAN PERLENGKAPAN

KLJ KOTAK PERMEN 1
Kali ini kita membutuhkan perlengkapan seperti Cutter, Palu, Alumunium foil, jarum, Roll film 35mm (baru), Roll film 35 (bekas), Kikir/Gerinda, Plakban hitam, Plong (alat untuk melubangi dengan diameter 5mm), karton hitam yang sudah dipotong 10×4 dan tentu saja kotak permen.

 

STEP 2 – MEMBUAT KAMERA

KLJ KOTAK PERMEN 2Sekarang, kikir kedua sisi kotak permen sampai benar-benar tipis, gunanya untuk memudahkan kita melubanginya nanti.

 

KLJ KOTAK PERMEN 3Lalu, sayat-sayat bagian dalam disisi yang tadi sudah di tipiskan dengan kikir. Lakukan secara perlahan agar hasilnya rapi. Lakukan berulang sampai berhasil tembus.

 

KLJ KOTAK PERMEN 4Rapikan bagian luarnya dengan menggunakan cutter, jangan tergesa-gesa. Santai aja. Pastikan lubang yang dihasilkan terlihat rapi dan pas dengan pita roll filmnya.

 

KLJ KOTAK PERMEN 5Coba untuk memasukkan pita film kedalam kotak permen tersebut. Yang harus diingat, besar lubang dikotak permen jangan terlalu pas dengan film karena nanti akan dimasukkan juga karton hitam melalui lubang tersebut.

 

KLJ KOTAK PERMEN 9Selipkan karton hitam 4×10 cm melalui bagian yang sudah dilubangi tadi dan coba masukkan roll film.

 

KLJ KOTAK PERMEN 11Lubangi bagian depan kotak permen tadi dengan menggunakan plong.

 

KLJ KOTAK PERMEN 13

KLJ KOTAK PERMEN 14

KLJ KOTAK PERMEN 15Selanjutnya menyiapkan lensa yang terbuat dari alumunium foil yang kita lubangi dengan ujung jarum, lalu tempel dibagian depan kamera yang sudah dilubangi. Usahakan tepat ditengah lubang.

 

KLJ KOTAK PERMEN 17Lalu selanjutnya, tutupi sela-sela antara roll film dan body camera dengan menggunakan plakban hitam. JANGAN SAMPAI ADA CAHAYA YANG MASUK KEDALAM!

 

KLJ KOTAK PERMEN 18Dan inilah kamera lubang jarum yang terbuat dari kotak permen! Untuk membuat shutter nya cukup dengan menggunakan lakban hitam, lalu tutup bagian lensanya. Jadi kalau mau motret tinggal lepas lakban lalu tutup kembali jika sudah selesai.

[well]Source: KLJI Bandung[/well]

2 comments On DIY 6×4 pinhole camera

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.