Worldwide Pinhole Photography Day

Apa itu worldwide pinhole photography day?
Ini adalah acara internasional untuk merayakan dan mempromosikan seni fotografi lubang jarum. Di hari yang unik ini, orang di seluruh dunia didorong untuk beristirahat sejenak dari kemajuan teknologi di dunia dan ikut berpartisipasi dalam aksi sederhana untuk membuat sebuah foto lubang jarum. Dan selain itu, untuk berbagi visi dan membantu menyebarkan keindahan yang tidak biasa dari proses sejarah fotografi melalui website pinholeday.org

Kapankah worldwide pinhole photography day itu?
Hari Fotografi Lubang Jarum se-Dunia diperingati pada hari Minggu terakhir setiap bulan April.
Hari Fotografi Lubang Jarum se-Dunia berikutnya pada hari Minggu, 26 April 2015.

Indonesia turut berpartisipasi kah?
Di Indonesia sendiri banyak sekali Komunitas Fotografi Lubang Jarum, contohnya adalah Komunitas Lubang Jarum Indonesia (KLJI). KLJI akan ikut berpartisipasi dan merayakan Pinhole Day dengan mengadakan Workshop membuat kamera, belajar memotret dengan KLJ, Develop (cuci cetak) di kamar gelap dan tentunya bagi yang udah bisa, kita akan Hunting bareng.

Kalo di Indonesia, Dimana acaranya?
Fyi, KLJI itu sudah ada di lebih dari 40 kota lebih, salah satunya adalah Jakarta, Bandung, Semarang, Makassar, Depok, Jogja, dll. Biasanya setiap regional itu akan ikut merayakan Pinhole Day di daerahnya masing-masing.

Dan untuk tahun ini, kami dari KLJI akan menyelenggarakan Pinhole Day bersama Pinhole Bandung dan Blackhole UPI yang bertepatan dengan perayaan Konferensi Asia Afrika ke-60 di Yayasan Pusat Kebudayaan (YPK), Jln. Naripan, Bandung.

Cara berpartisipasi nya gimana?
Sangat mudah bagi siapapun yang tertarik pada fotografi lubang jarum untuk berpartisipasi di Hari Fotografi Lubang Jarum se-Dunia. Berikut ini, apa saja yang harus kamu lakukan.

Sebelum 26 April 2015: Siapkan perlengkapan perang mu!
Kalau kalian sudah punya, berarti tinggal menyiapkan film dan semacamnya. Kalau belum? Saya sarankan untuk ikut gabung bersama komunitas lubang jarum dikota kamu untuk ikut berpartisipasi dan belajar membuatnya.

Pada 26 April 2015: Mari keluar rumah dan memotret dengan lubang jarum!
Ini adalah hari untuk bersenang-senang. Pergilah sendiri atau bersama teman-teman komunitas yang ikut merayakan, nikmati dunia melalui kamera lubang jarum. Jika cuaca buruk, ingatlah bahwa kamu tetap dapat mengambil gambar di dalam rumah! Ada banyak bagian di dalam rumah yang menarik untuk direkam melalui keajaiban mata kamera lubang jarum.

Setelah 26 April 2015: Proses film kamu dan submit ke pinholeday.org!
Proses foto yang berhasil kamu rekam atau berikan ke studio foto untuk memproses fotonya. Lalu submit ke pinholeday.org untuk merasakan sensasi pameran bersama penggiat lubang jarum di seluruh penjuru dunia.

Perhatikan foto yang telah kamu buat pada 26 April 2015. Kamu harus memilah fotonya. Ingat: ini bukan kontes foto. Tidak ada foto yang tidak bagus atau buruk. Semua foto lubang jarum itu unik. Pilih salah satu foto yang kamu sukai dan yang kamu inginkan untuk berbagi kepada orang yang lain diseluruh dunia.

Nahh… Gimana? Tertarik untuk ikut berpartisipasi? Yuk ahh kita tunjukin bahwa anak-anak Indonesia pun bisa eksis dengan karya lubang jarumnya.

Referensi bacaan untuk pemula:
Cara Membuat Kamera Lubang Jarum
DIY 6×4 Pinhole Camera
Merakit Kamera Lubang Jarum Corbis
Cara Membuat Kamera Lubang Jarum dari Box Amplifier

Hello there, Nama saya Arie Haryana, 04 November 1994 saya telah dilahirkan di Kota Purwakarta, Jawa Barat. Saat ini saya tinggal dan kerja sebagai Programmer salah satu perusahaan swasta di Kota Bandung. Selain keseharian saya mencari uang, saya pun aktif sebagai anggota Komunitas Lubang Jarum Indonesia. Saya telah jatuh cinta sama yang namanya Fotografi sejak tahun 2011 lalu dan sampai sekarang cinta itu masih bertepuk sebelah tangan, karena faktanya saya masih belum terlalu pandai dalam memotret sesuatu.

1 comments On Worldwide Pinhole Photography Day

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer

Sliding Sidebar

About Me

I work as a web developer and currently live in Bandung, Indonesia. My interests range from web development to programming. I am also interested in writing, photography and DIY stuffs.

If you’d like to get in touch, feel free to say hello through any of the social links below.