Pasar Buku Palasari: Surga bagi mereka yang mau mencari

Belakangan ini, hasrat membaca buku sedang naik-naiknya, entah karena memang butuh peluasan pengetahuan, sudut pandang lain ataupun karena kesepian. Halah.

Berhubung udah lama nggk pernah belanja buku lagi karena faktor klasik: krisis keuangan, persediaan buku dikamar pun udah nggk tersisa, bahkan baru sadar ada satu buku yang hilang. Jadi seminggu yang lalu saya berniat belanja untuk memenuhi hasrat ini. Lalu, saat itu juga sudah diputuskan, minggu ini harus belanja!

Setelah baca tulisannya Kak Fauziah yang ini, saya pun tertarik sama beberapa buku yang dibahas dan memasukannya ke salah satu wishing-list dan hebatnya gak ada satupun novel romance dalam daftar belanjaan, karena mungkin aku lelah kalau harus selalu bermain-main dengan perasaan yang berujung “Ngarep”. Halah.

pasar-buku-palasari-bandung-2
Pasar Buku Palasari Bandung

Sejak pertama suka baca dan bisa membeli buku dengan uang sendiri, biasanya saya selalu beli di toko buku semacam Gramedia atau Gunung Agung. Hampir tidak pernah melirik buku-buku yang dijajakan dipinggiran trotoar ataupun pasar. Karena memang males juga sih kalo harus nyari-nyari buku di tempat yang bisa dibilang nggk ada nyaman-nyamannya, apalagi kalo kita belum punya daftar belanjaan, akan cenderung sulit nyari referensi bacaan yang bagus kalo mengandalkan buku-buku yang dijajakan dipinggir jalan ataupun pasar.

Tapi, minggu lalu bisa dibilang saya tak punya pilihan, daftar belanjaan yang cukup banyak membuat ekspektasi tak sejalan dengan realita, uang jajan didompet pun tipis karena faktor tanggal tua dan bbm melambung tinggi yang sebenarnya tidak ada hubungannya dengan semua ini, membuat saya harus mencari alternatif lain untuk mencari buku-buku yang saya butuhkan. Tiba-tiba teringat, Pasar Buku Palasari.

Rumornya, buku-buku disini kalo soal harga bisa ditekan serendah-rendahnya dengan satu syarat: Jadi manusia tak berperasaan dengan menawar buku sesadis mungkin! HAHA! Jika berhasil, harganya bisa jauh lebih murah dibanding harga yang dijual di toko buku besar. Apalagi kalo yang kalian cari adalah buku-buku bekas.

Oke, supaya paragraf diatas tidak hanya sebatas rumor yang tak dapat dipertanggung jawabkan, mari kita lihat pasar palasari dari perspektif saya yang lebih nyata.

pasar-buku-palasari-bandung-3

Sejujurnya, rumor tersebut benar adanya. Minggu lalu saya mengunjungi pasar buku yang terletak di Jln. Palasari, Bandung ini untuk membeli beberapa buku. Pertama saya mengunjungi salah satu toko yang berada didalam dan menyebutkan judul buku yang saya mau, ditoko pertama dari 8 daftar yang saya incar hanya ada dua (Self Driving karya Rhenald Kasali dan Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer –Bajakan–). Setau saya, jika ditotalkan kedua buku baru tersebut kalau dibeli di toko Gramedia bisa mencapai Rp 148.000, tapi setelah menawar dengan kemampuan yang benar-benar payah jika harus dibandingkan dengan para kaum hawa, saya hanya bisa mentok diangka Rp 100.000 + Laminating Cover. Begitupun dengan toko-toko buku tetangganya, harganya relatif lebih murah walau dengan syarat. Lalu untuk buku-buku yang saya beli dengan kondisi bekas namun tetap terlihat suci, harganya malah jauh lebih murah. Apalagi jika belinya sekaligus banyak.

Jadi, bisa disimpulkan kalau Pasar Buku Palasari ini sangat cocok untuk kantong-kantong tipis dan jago nawar. Koleksi bukunya pun beragam, dari mulai buku pelajaran SD-SMA, buku kuliah bahkan novel. Sarannya sih, setiap datang kesana kita udah harus tau buku apa yang dibutuhkan, karena buku-buku yang dipajang tidak seperti di Gramedia yang bisa kita tarik sesuka hati, dibaca-baca sekilas maupun ditaruh di-rak perkategori. Semuanya ditumpuk dalam satu rak besar!

Tempatnya pun seperti pasar pada umumnya, deretan toko yang dipenuhi penjual buku dan akan selalu menawarkan untuk mampir sambil bertanya buku apa yang mau dibeli bak salesman yang selalu menggoda –atau terkadang malah mengganggu. Jika tak dapat disatu toko, beralih ke toko lainnya, itulah Palasari. Surganya buku-buku baru maupun bekas, bagi mereka yang mau mencari dan terus mencari. Jika menyerah disatu toko yaa anggap saja kamu buang-buang waktu datang kesana.

6 comments On Pasar Buku Palasari: Surga bagi mereka yang mau mencari

  • Dulu saat masih kuliah sesekali nyari buku kesitu disaat yg sama yaitu dompet mulai ditinggalkan isinya haha…

    Selain yang bekas, buku baru jg banyak disitu. Kalau gak salah malah dulu ada beberapa penerbit yang buka toko jg. Mungkin skrg udah gak ada ya 😀

  • Bahaya saya mah kalau ke sini teh, suka kalap pasti dompet langsung ludes. Dan anehnya tiap minggu pasti silaturahmi ke sini.
    Itu yg Pram asli atau bajakan?

  • haizzz… aku uda lama banget gag baca.. padahal stok masih ada beberapa yg blom kelar kelar.. halahh..

  • Ada kenikmatan sendiri sih hunting buku dipasar begitu. Nimat panas, nikmat riweh, nikmat tawar menawar…(klo ga kita yang tega ya penjualnya yang tega). Saya juga lbh sering belanja dipasar daripada ditoko. Alasannya cuma 1…hemat! 😀
    Salam kenal yaa..:)

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.